5 Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia

Sekolah Lentera Kasih Bali – Bicara soal makanan, tentunya kita menginginkan sesuatu yang enak, mengenyangkan, dan tidak aneh-aneh. Akan tetapi, di beberapa negara, definisi makanan enak bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang ada di pikiran kita. Memang memiliki rasa (yang tentu saja menurut warga lokal) enak, akan tetapi jika melihat bentuk, mencium bau, dan mengetahui asal-usulnya maka sepertinya kita akan menjadi tidak bernafsu untuk memakannya. Berikut adalah 5 makanan menjijikkan dari seluruh dunia.

Balut, Filipina

Yang satu ini benar-benar aneh dan menjijikkan (meskipun soal rasa, warga lokal beranggapan bahwa balut rasanya sangat enak). Balut adalah embrio alias telur bebek yang akan menetas, tetapi sudah di rebus dulu hidup-hidup di dalam cangkangnya. Cara memakannya adalah dengan membuka bagian atas cangkang sedikit, lalu dimulai dengan meminum kuahnya, kemudian dagingnya akan dimakan dengan ditambahkan garam.

Shirako, Jepang

Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya makanan ini berasal dari kantung sperma ikan kod. Hidangan ini cukup populer di Jepang karena teksturnya yang kenyal dan memiliki rasa yang lembut. Jepang memang seperti yang kita tahu, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mereka sangat suka dengan makanan atau hal yang aneh-aneh seperti itu. Cara memakannya sendiri bisa dengan di goreng atau disajikan mentah.

Escamol, Meksiko

Terbuat dari sekumpulan larva dan kepompong semut yang dikumpulkan dari tanaman, escamol adalah makanan favorit orang Meksiko. Orang-orang yang menyukai makanan ini mengatakan jika tekstur dan rasanya mirip seperti keju, ada juga yang mengatakan makanan ini seperti mentega dan kacang-kacangan. Cara memakannya beragam, mulai dari langsung memakannya, hingga dijadikan campuran pada makanan lain.

Snake wine, China

Snake wine adalah minuman anggur yang berasal dari Cina sejak ribuan tahun yang lalu. Minuman ini terbuat dari dari racikan sake atau minuman keras sejenis yang kemudian dicampurkan dengan ular berbisa. Ternyata, yang mengejutkan adalah bahwa bisa ular yang mengandung zat kimia ethanol tersebut aman untuk dikonsumsi, bahkan banyak masyarakat yang meyakini bahwa minuman itu baik untuk kesehatan dan stamina.

Beondegi, Korea Selatan

Makanan yang berasal dari Korea Selatan ini adalah salah satu street-food yang amat sangat populer di negara gingseng tersebut. Terbuat dari ulat sutera yang sudah tidak dapat memproduksi sutera yang kemudian dimasak dengan cara dikukus (terkadang digoreng) dengan sedikit bumbu. Katanya, teksturnya mirip seperti kayu(?) dan memiliki rasa yang gurih, kendati menjijikkan, makanan ini sangat populer dan mudah ditemukan di Korsel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s