Minum Wine Bisa Perpanjang Umur Pasien Jantung Lho

Jika kalian pergi ke toko wine jakarta, pasti kalian akan melihat banyak sekali wine disana. Nah, sudah sejak lama wine dikenal baik untuk kesehatan pembuluh darah jantung kita. Minuman beralkohol ini juga diketahui bisa mencegah penyakit jantung. Bahkan, orang yang terlanjur menderita gangguan jantung juga bisa merasakan manfaatnya.

Menurut sebuah studi yang dimual dalam International Journal of Cardiology, orang yang meminum red wine atau white wine dalam jumlah yang sedang, bisa mengurangi risikonya terkena serangan jantung lagi. Selain itu mereka juga berkesempatan untuk hidup lebih lama karena angka kematiannya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum.

Tapi, hal itu bukan berarti mereka yang tadinya tidak mengkonsumsi wine harus minum wine supaya bisa mendapatkan manfaatnya. Menurut para peneliti, temuan ini hanya berlaku pada pasien yang sebelum menjalani percobaan sudah rutin meminum wine.

Hasil dari penelitian di Italia mereka yang minum setengah liter wine sehari atau setara dengan dua gelas besar wine 13& lebih rendah risiko mengalami gangguan jantung lagi. Selain itu angka kematiannya 17% lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum.

Makanan yang berlemak, kurang olahraga, dan juga kebiasaan merokok merupakan faktor risiko penyakit jantung. Tapi, hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi wine, terutama red wine, yang mengandung antioksidan. Red wine juga bisa mengurangi penumpukan kolesterol berbahaya dan meredam peradangan di pembuluh darah.

Selain efek perlindungan yang didapat dari konsumsi wine, mereka yang minum wine hanya dalam kadar ringan sampai sedang pada umumnya bergaya hidup sehat. Maka dari itu risiko penyakit jantung lebih rendah.

Jika kalian memang suka minum alkohol, sebaiknya jangan meneguk lebih dari empat unit wine atau sekitar 350ml wine sehari untuk pria dan tiga unit atau sekitar 250ml untuk wanita. Bagaimanapun juga, temuan ini bukanlah alasan kita untuk mulai minum wine jika sebelumnya tidak pernah minum, baik kalian menderita penyakit jantung atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s