Hanya Mencuri Rp 1.000 Kakek Ini Dipenjara 1 Tahun

Banyak orang yang hanya karena taruhan bola sampai harus meminjam uang bahkan sampai mencuri, dan jumlahnya tentu saja tidak sedikit. Jadi tidak heran jika mereka ditangkap dan dijebloskan ke penjara jika ketahuan mencuri. Tetapi beda dengan yang satu ini.

Keadilan memang selalu diuji dimanapun kita berada. Terlebih lagi jika kita mendengar informasi tentang keadilan belum lama ini, “cuma” karena mencuri uang Rp 1.000, seorang Kakek Dibui 1 tahun. Apakah itu adil? Kakek yang berusia 66 tahun mendapatkan hukuman penjara 1 tahun 2 bulan hanya karena mencuri uang JPY 10 atau setara dengan Rp 1.000 (Rp 114 per JPY 1). Uang itu dicuri kakek dari sebuah kotak amal disebuah kuil di Kota Wakayama, Jepang.

Kakek yang bernama Masafumi Tsuruara tersebut sebenarnya dituntut penjara 20 bulan oleh jaksa, tetapi hakim kemudian mengurangi masa tahanan kakek itu menjadi hanya 1 tahun 2 bulan saja. Hakim yang menangani kasus itu menyatakan hukuman penjara 20 bulan yang diberikan oleh pihak penuntut dianggapnya terlalu berat untuk orang yang memang sudah memasuki usia senja tersebut. Maka dari itu ia akhirnya memutuskan untuk mengurangi masa tahanan kakek itu sebanyak 8 bulan.

Meskipun demikian, hakim itu tetap menegaskan bahwa perbuatan yang dilakukan Tsuruhara tetaplah sebuah kriminal dan harus dihukum. Tindak hukum di Jepang jika mencuri bisa dihukum maksimal 10 tahun penjara.

Tsuruhara sendiri membantah bahwa ia berniat melakukan tindakan kriminal, ia mencuri uang Rp 1000 hanya karena sikap isengnya saja. Maka kakek itu akhirnya menyatakan bahwa ia akan mengajukan banding ke tingkat pengadilan yang lebih tinggi lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s