Phobia Yang Sering Terjadi Pada Manusia

Menurut seorang motivator terbaik, phobia merupakan sebuah rasa takut yang berlebihan pada suatu hal atau fenomena. Phobia bisa juga dikatakan dapat menghambat kehidupan seseorang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap phobia sangat sulit dimengerti. Maka dari itu, banyak penderita phobia sering dijadikan bulan-bulanan oleh teman-temannya. Ada beberapa jenis objek yang paling sering ditakuti oleh manusia di muka bumi ini, berikut beberapa diantaranya.

1. Takut Ular
Hal ini merupakan jenis phobia yang paling sering dijumpai. Ketakutan yang berlebihan pada ular dikaitkan pada kemampuan nenek motyang kita yang bertahan di alam liar. Ular sejak dulu dianggap sebagai hewan yang berbisa, menjijikan, dari masa ke masa. Bahkan juga diidentikan dengan setan oleh beberapa keyakinan tertentu. Ternyata phobia terhadap ular ini bersifat evolusioner, diturunkan oleh nenek moyang manusia sejak dulu sampai saat ini.

2. Takut Ruangan Tertutup
Dikenal juga dengan nama agoraphobia, ketakutan ini diderita oleh 1,8 juta orang Amerika berusia dewasa. Tempat yang tertutup yang mereka anggap sulit untuk melarikan diri atau keluar merupakan sebuah objek yang paling ditakuti. Biasanya mereka takut pada lift, ruang olahraga tertutup, jembatan, kendaraan umum, mobil, mall, bahkan juga pesawat. Penderita biasanya sangat malas untuk bepergian atau berada di dalam mobil terlalu lama.

3. Takut Dengan Ketinggian
Ini merupakan jenis phobia yang lumayan banyak juga penderitanya. Mungkin sekitar 3-5% penduduk di dunia menderita akrophobia, takut berada ditempat yang tinggi. Pada sebuah riset, penderita akrophobia merasa semua tempat tinggi berjarak lebih tinggi dari yang sesungguhnya. Misalkan tingginya hanya 3 meter, maka si penderita akan melihat dengan ketinggian 6 meter.

4. Takut Kegelapan
Takut pada kegelapan yang sering diderita oleh anak-anak ternyata phobia yang sangat umum juga. Anak-anak mempercayai imajinasinya, jika di kegelapan bisa mendadak muncul hantu, perampok, atau penculik. Secara normal, ketakutan akan hilang seiring dengan bertambahnya usia. Tetapi jika kita sudah dewasa dan masih takut gelap, berarti kita menderita nyctophobia.

5. Takut Dokter Gigi
Ternyata bukan cuma anak kecil aja lho yang taku dengan dokter gigi, orang dewasa juga ada. Sebanyak 9-20% orang Amerika menghindari memeriksakan giginya ke dokter walaupun sudah dalam kondisi parah sekalipun. Rasa takut ini lebih disebabkan karena rasa nyeri yang timbul ketika plak gigi dibersihkan dan memang tidak semua orang bisa menahannya.

Itu dia beberapa ketakutan atau phobia yang sering terjadi. Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s