Langit Malam Itu Cuma Ilusi

Jika kalian sedang naik sepeda motor di malam hari dan melihat langit malam, pasti akan terlihat indah langit malam itu, terlebih lagi jika dihiasi oleh bintang-bintang yang indah nan mempesona. Mungkin kalian ada yang berpikir “seandainya aku bisa terbang, kan kupetik bintang itu untuk dirinya” atau mikir seperti ini “indah banget bintang-bintang yang bertaburan dilangit” dan lain-lain.

Tetapi sekarang kita lihat dulu faktanya. Sebenarnya miliaran bintang itu bukanlah benda-benda yang kecil yang berkelap-kelip. Bintang itu sebenarnya adalah benda langit yang berukuran raksasa, yang berisi gas yang sedang terbakar dengan dahsyat. Bintang merupakan bola api raksasa yang sedang menyala-nyala dengan suhu jutaan derajat!! Bisa dibayangkan betapa panasnya bintang itu.

Lalu kenapa terlihat kecil?? Ya, karena jaraknya memang sangat jauh dari bumi tempat kita tinggal. Berapa sih jaraknya hingga keliatan kecil banget? Perlu kalian ketahui semuanya, bintang yang paling dekat dengan bumi aja jaraknya 8 tahun cahaya. Terus apa artinya??? Artinya adalah, cahaya saja perlu waktu 8 tahun untuk sampai ke bumi.

Padahal kita kan tahu bahwa kecepatan cahaya = 300.000 km.detik. Jadi jaraknya berapa kilo tuh?? Kalian bisa hitung sendiri dirumah. Jadi kalau cahaya membutuhkan 8 tahun untuk bisa sampai ke bumi, berarti jaraknya = 8th x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 detik x 300.000 km/dtk = 75.686.400.000.000 atau sekitar 75triliun km. Bener-bener jarak yang jauh.

Itu yang paling deket lho, masih ada banyak bintang di alam semesta ini, ada yang jaraknya 100th cahaya, 1000th cahaya, 1jt cahaya, dan yang paling jauh itu berjarak 10 miliar tahun cahaya. Jadi kalau kita lihat langit malam-malam, sebetulnya kita bukan hanya melihat langit yang sekarang aja, tetapi pada saat bersamaan kita sedang melihat langit sekarang, 8 tahun lalu, 100 tahun lalu, 1000 tahun lalu, 1 juta tahun yang lalu dan bahkan 10 miliar tahun yang lalu..

Terus apakah benar matahari yang kita lihat adalah matahari 8 menit lalu? Kenapa demikian? Karena matahari butuh waktu 8 menit untuk sampai ke bumi yang berjarak 150 juta km. Jadi matahari yang kita lihat itu adalah matahari 8 menit yang lalu.. Kalu engga percaya hitung aja sendiri..hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s