Alasan Suara Kodok Nyaring Saat Hujan

Kodok juga memiliki cara untuk sehat alami lho, salah satunya dengan adanya hujan. Bicara soal hujan, udah mulai sering hujan nih belakangan ini. Bagi sebagian orang ada yang tidak suka, dan sebagian lagi sangat menantikan hujan. Salah satunya ada lah kodok.

Karena hujan turun, maka suara kodok pun akan semakin menggema setelah sempat vakum beberapa dasawarsa (lebay hahaha). Kodok merupakan hewan amfibi, mereka bisa hidup di air dan juga di darat. Ada banyak jenis-jenis kodok, misalnya kodok sawah, kodok merah, kodok pohon, dll. Oiya, kodok itu bahasa lainnya katak atau katak bahasa lainnya kodok?? Yang mana aja boleh deh..hehe. Tapi intinya sama aja, pas udah musim hujan, mereka akan menjadi lebih aktif dalam nyanyian mereka.

Kodok atau katak bernafas menggunakan paru-paru dan julit. Kulit kodok itu harus dalam keadaan lembab supaya mereka mudah bernafasnya. Maka dari itu, kodok memiliki penginderaan yang sangat tajam terhadap air.

Sebelum hujan turun, kandungan uap air yang berada di udara akan bertambang, maka suhu udara pun mulai menurun, karena itu udara menjadi lebih segar karen uap air itu, sehingga kelembapan pun menjadi bertambah. Naaah oleh karena keadaan mendung begitu, maka para kodok akan menjadi lebih mudah bernafas.

Apalagi ketika hujan turun, maka bagi kodok bernafas melalui kulit sangatlah mudah. Karena mudah, maka perasaan kodok-kodok akan menjadi “happy” dan tentu saja bahagia. Oleh karena itu mereka mengekspresikan kesenangannya lewat nyanyian mereka. Dan sayangnya kita tidak mengerti bahasa kodok, yang mengerti hanya para kodok😀

Semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua. Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s