10 Fakta Unik Tentang Kentut

Tubuh yang sehat alami adalah idaman setiap orang. Sekarang masalahnya bagaimana cara kita sehat, dan sebenarnya, apa sih pengertian sehat itu? Sehat adalah keadaaan dimana kita bisa berada dalam posisi sejahtera dari segi badan, jiwa, dan sosial. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan

Nah bicara soal kesehatan, tau kah anda kalau kentut juga bermanfaat bagi kesehatan kita meski suara dan baunya mengganggu orang lain.

1. Apakah Semua Orang Kentut?

Jangankan orang yang hidup, orang yang baru meninggal 15 menit yang lalu pun bisa saja kentut.

2. Jumlah Kentut Dalam Sehari

Rata-rata, orang bisa kentut sebanyak 14 kali dalam sehari.

3. Wanita Lebih Jarang Kentut?

Kata siapa wanita jarang kentut? Faktanya wanita dan pria memiliki jumlah kentut yang sama selama sehari.

4. Kapan Orang Akan Kentut?

Orang bisa kentut kapan saja, tetapi biasanya paling sering orang kentut di pagi hari dengan suara yang sangat keras hingga bisa mencapai seluruh rumah.

5. Asal Gas Kentut

Kentut itu berasal dari gas yang kita telan dan berasal dari darah yang menerobos ke usus. Serta reaksi kimia dari makanan dan bakteri perut. Selain itu, makan tanpa dikunyah, makan terburu-buru, minum soft drink dan naik pesawat terbang di mana tekanan udara lebih rendah.

6. Komposisi Kentut

Ada banyak gas yang menjadi komposisi kentut, antara lain nitrogen, karbondioksida, metana, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung pada apa yang Anda makan dan berapa banyak udara yang tertelan saat kita makan. Orang yang makan terburu-buru akan menghasilkan kentut yang lebih banyak.

7. Kenapa Kentut Bau?

Bau kentut berasal dari campuran kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Senyawa tersebut mengandung sulfur/belerang. Bakteri di dalam perut dapat menghasilkan belerang dari makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat membuat kentut menjadi bau adalah daging-dagingan, telur, kembang kol. Sedangkan biji-bijian atau kacang dapat membuat kentut berbunyi nyaring tetapi tidak berbau.

8. Makan Kacang, Banyak Kentut

Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak dapat dicerna tubuh. Zat gula tersebut adalah affinose, stachiose, verbascose. Jika mencapai usus, bakteri usus akan menghasilkan banyak gas. Kentut menjadi sangat banyak tetapi tidak bau. Jagung, kubis dan susu juga bisa menyebabkan hal yang sama.

9. Darimana Suara Kentut?

Suara yang dihasilkan berasal dari getaran pada pembukaan anus. Kencang tidaknya suara tergantung pada kecepatan keluarnya gas dan rapatnya otot-otot sphincter anus.

10. Kentut Yang Bau Lebih Hangat & Tidak Bersuara

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi yang dilakukan bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas dan hasil sampingannya adalah gas yang bau. Ukuran gas yang berbau tersebut lebih kecil, hangat dan penuh dengan hasil metabolisme bakteri. Karena itu, kentut tidak berbunyi karena jumlahnya memang kecil. Kentut jenis ini sering disebut, ‘diam-diam mematikan’.

 

Nah sekian artikel mengenai kesehatan dan kentut dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s