Cegah Kanker Sebelum Merengut Jiwa Anda!

Anda bisa benar-benar terbebas dati kanker hanya jika gaya hidup anda sehat. Yang paling mendasar anda harus menguasai 3 hal yaitu diet, Olahraga dan menghindari kanker.

Thomas A. Seller, PhD, direktur pencegahan dan pengendalian kanker di Moffitt Cancer Center, Tampa yang mengatakan 70 persen penyebab kanker bisa dihindari karena berkaitan dengan gaya hidup.

Namun penelitian berikutnya mengungkapkan banyak hal kecil namun mengejutkan yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh anda.

Berikut adalah cara-cara agar anda terhindar dari penyakit Kanker :

1. Saring Air keran di Rumah
Dengan memberi Filter pada air keran di rumah, maka anda akan mengurangi risiko terpapar bahan kimia yang diketahui atau diduga mengandung karsinogen dan bahan kimia pengganggu hormon lainnya.

2. Sebelum Dipanggang, Rendam Dahulu Dagingnya
Daging olahan yang hangus dan matang bisa mengandung senyawa kimia penyebab kanker bernama heterocyclic amines (HCA) yang terbentuk ketika daging itu dibakar pada suhu tinggi dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) yang masuk ke dalam makanan ketika arangnya dibakar. Kalaupun anda memanggang daging, rendam daging ke dalam air berisi rosemary dan thyme setidaknya satu jam sebelum daging dipanggang.

3.Minum kopi setiap hari
Orang yang minum kopi berkafein 5 cangkir atau lebih dalam sehari memiliki penurunan risiko kanker otak sebesar 40 persen seperti dikutip dari sebuah penelitian di Inggis pada tahun 2010. Kebiasaan minum kopi 5 cangkir perhati ini mengurangi risiko kanker tenggorokan dan mulut

4. Banyak – banyak minum air putih
Minum air putih dan cairan lain bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih dengan cara mengencerkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan membantu mengeluarkannya lebih cepat. Menurut American Cancer Society, minumlah air mineral 8 gelas sehari

5. Tambah asupan sayuran
Jika anda ingin membuat salad, pilihlah bahan bahan yang warnanya hijuanya masih gelap. klorofil yang memberi sayuran warna hijau itu sarat dengan magnesium. Menurut beberapa penelitian, senyawa itu bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita.

6. Nyemil kacang Brazil
kacang Brazil merupakan salah satu sumber selenium, antioksidan yang menurunkan risiko kanker kandung kemih pada wanita berdasarkan penelitian dari Darthmouth Medical School.

7. Bakar faktor risiko kanker payudara anda
Olahraga ringan seperti jalan cepat 2 jam seminggu bisa memotong risiko kanker payudara anda hingga 18 persen. Latihan secara teratur dapat menurunkan risiko anda dengan membantu anda membakar lemak yang menghasilkan esterogen dan berkontribusi terhadap kanker.

8. Tanyakan payudara anda pada dokter
Wanita yang telah menjalani mamogram berisiko terserang kanker 4-5 kali lebih tinggi dari wanita dengan skor kepadatan renda. Satu teori mengatakan bahwa kepadatan payudara dihasilkan dari tingginya kadar esterogen yang dimilikinya sehingga penting bagi wanita yang memiliki kepadatan payudara tinggi untuk melakukan latihan fisik secara teratur.

9. Jangan pakai pengering cucian
Sebuah pelarut yang dikenal sebagai PERC (singkatan dari perkloroetilena) yang digunakan dalam pengering tradisional dapat menyebabkan kanker hati dan ginjal serta leukemia.

Bahaya utamanya bisa terjadi pada para pekerja laundry yang menangani bahan kimia atau pakaian, meskipun para ahli belum menyimpulkan bahwa konsumen juga berisiko terserang kanker.

Alternatif untuk mengurangi paparan racun dari pengering: Cuci pakaian dengan tangan dan sabun lembut dan keringkan dengan udara, setelah itu bersihkan tempat cucinya menggunakan cuka putih.

10. Kurangi Penggunaan Ponsel
Gunakan ponsel anda hanya untuk panggilan pendek, bisa juga dengan menggunakan pernagkat hands-free yang mengurangi pancaran frekuensi radio dari kepala anda.

11. Blokir sinar matahari dengan baju berwarna
memilih pakain tertentu saat anda keluar rumah dengan bijaksana dapat membantu melindungi anda dari kanker kulit, kata para ilmuwan Spanyol, Dalam penelitiannya, baju berwarna biru dan merah menawarkan perlindungan yang lebih terhadap sinar UV daripada baju berwarna putih dan kuning.

12. Makan makanan bersih
President’s Cancer Panel merekomendasikan untuk membeli daging bebas antibiotik dan hirmon tambahan yang diduga menyebabkan masalah endokrin, termasuk kanker. Mengkonsumsi berbagai multi vitamin juga penting. Misalnya yang dari bahan spirulina, karena salah satu manfaat spirulina bisa mencegah kanker.

Baca juga artikel lainnya di :

  • tipsbebek.blogspot.com
  • carabadak.blogspot.com
  • infoberuang.wordpress.com
  • keraperak.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s