7 Langkah Mudah Untuk Sehat Saat Hamil!

Saat mengandung adalah saatnya untuk lebih protektif pada diri sendiri dan terutama pada kandungan. Kehamilan merupakan anugerah terindah bagi setiap ibu yang mesti dijaga agar janin bayi di dalam kandungan dapat tumbuh sehat dan lahir dengan selamat. Masa kehamilan sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya.

Berikut beberapa tips sehat selama masa hamil :

1. Periksakan (kontrol) kandungan ke dokter secara teratur.
Memeriksakan kandungan secara teratur berguna untuk mengetahui kondisi dan pertumbuhan janin. Begitupun jika ada keluhan pada kehamilan sebaiknya segera diperiksa ke dokter. Hingga bulan-bulan terakhir kehamilan, kontrol harus lebih sering dilakukan.

2. Mengkonsumsi makanan bergizi
Sangat penting bagi ibu hamil dan tentunya untuk pertumbuhan janin. Makanan harus memenuhi lima kelompok makanan utama yaitu nasi atau sumber karbohidrat lainnya, daging dan protein lainnya, sayuran, buah-buahan dan susu. Hindarilah daging yang belum dimasak atau kurang matang. Pola makan ibu hamil biasanya makan dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 – 6 kali perhari. Hal ini lebih baik daripada makan dalam 3 porsi besar sehari. Pola makan dengan porsi kecil dan lebih sering dapat mengurangi mual dan muntah di pagi hari serta mnyeri lambung.

3. Perbanyak pula makanan yang mengandung Asam Folat
Gunanya untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Makanan yang mengandung asam folat terdapat pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya. Selain itu, makanan yang dikonsumsi ibu hamil ada baiknya mengandung banyak zat besi. Zat besi berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan. Anemia berbahaya sekali bagi ibu hamil, dapat menyebabkan terjadinya pendarahan saat saat persalinan. Untuk para ibu hamil juga bisa mendapatkan semua nutrisi diatas dengan mengkonsumsi multi vitamin dari bahan spirulina.

4. Hindari asap rokok
Usahakan tidak menjadi perokok pasif. Jika suami Anda perokok, ingatkan untuk tidak merokok di dekat Anda. Dan jika anda juga seorang perokok, lebih baik hentikan kebiasaan merokok. Rokok maupun asapnya akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang, mudah sakit, lambat pertumbuhannya, bahkan dapat menyebabkan keguguran dan kematian dalam kandungan.

Ibu hamil lebih sensitif terhadapa zat-zat kimia berbahaya.Oleh karena itu hindari bahan atau zat-zat kimia yang menimbulkan keracunan seperti insektisida, cat, bahan-bahan yang mengandung merkuri atau timah hitam.
5. Minum air putih yang banyak
Sangat berguna bagi ibu hamil, karena cairan yang masuk akan membantu meningkatkan volume darah yang terjadi selama kehamilan. minumlah sedikitnya 6 – 8 gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu, atau air putih.

Jika terserang suatu penyakit atau terdapat nyeri, berhati-hatilah mengkonsumsi obat-obatan. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya. Jika sembarang meminum obat akan dapat membahayakan janin dalam kandungan.

6. Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun calon bayi. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki dan olahraga renang. Mengambil kelas senam hamil juga bagus, selain manfaatnya bagi ibu dan janin, para calon ibu di kelas tersebut dapat saling berbagi pengalaman dan menambah pengetahuan. Di sela-sela aktifitas, jangan lupa untuk istirahat yang cukup.

7. Melakukan vaksinasi kehamilan
Tanyakanlah pada dokter mengenai hal ini, kapan sebaiknya vaksinasi diberikan. Yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah pemeriksaan denga sinar X (rontgen).

Jika Anda memiliki hewan piaraan, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun hingga bersih agar terhindar dari virus toksoplasma yang biasanya terdapat pada hewan, akan lebih baik untunk sementar menghindari hewan peliharaan Anda. Dan yang terpenting adalah, menjaga lingkungan Anda tetap bersih dan sehat.

Baca juga artikel lainnya di :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s