Gagal di Euro! Fokus Untuk Kemajuan Italia!

Usai babak belur dihajar Spanyol di final Euro, kini pelatih Italia, Cesare Prandelli memilih untuk fokus menata masa depan Italia. Dini hari tadi, La Furia Roja mengalahkan Azzurri dengan skor 4-0 guna menahbiskan diri sebagai yang terbaik di Eropa.

Prandelli mengakui jika menggondol trofi Euro masih terlalu sulit bagi mereka. Tetapi dirinya menegaskan jika skuad Azzurri sudah berjuang maksimal, dan kini akan fokus mempersiapkan turnamen berikutnya.

“Saya rasa tim ini sudah melakukan yang terbaik yang mereka bisa,” ucap Prandelli. “Di akhir turnamen ini, saya ucapkan terima kasih kepada semuanya atas kerja keras mereka selama Euro. Sekarang saatnya kami menatap masa yang akan datang,” ucap Prandelli usai kalah dari Spanyol di laga final Euro.

Di laga final, Italia gagal memperlihatkan performa gemilang seperti yang pernah mereka tampilkan kala melawan Inggris dan Jerman. Tampil di bawal performa, Italia dipaksa tertinggal 0-2 di babak pertama oleh gol David Silva dan Jordi Alba.

Laga berjalan lebih buruk bagi Italia di babak kedua. Cedera yang menimpa Thiago Motta membuat Azzurri bermain dengan 10 orang di sisa waktu 30 menit pertandingan. Kekurangan jumlah pemain dimaksimalkan Spanyol untuk mencetak gol tambahan melalui aksi Fernando Torres dan Juan Mata di menit akhir pertandingan.

Prandelli percaya jika faktor kelelahan menjadi penyebab utama jebloknya permainan timnya. “Kami tidak berada dalam kondisi yang bagus, beberapa pemain tidak terlihat fit dan saat melawan Spanyol Anda harus menurunkan pemain terbaik untuk bisa menang. Tetapi kami sudah kelelahan dan kami tidak menampilkan permainan kami,” pungkas Prandelli.

Sebelum pertandingan final, Prandelli sempat melontar pernyataan bahwa ia akan mempertimbangkan kembali posisinya sebagai pelatih timnas Italia usai Piala Eropa 2012. Mantan pelatih Fiorentina ini menyebut kurangnya perhatian kepada timnas diluar turnamen penting sebagai pertimbangan untuk mundur. Namun usai kalah telak dari Spanyol, Prandelli kemudian berubah dengan mengeluarkan pernyataan yang bernada positif soal masa depannya.

Selamat untuk kemenangan Tim Spanyol dan untuk para fansnya yang mungkin memiliki minat kesana sepertinya sudah harus menyiapkan bekal belajar bahasa spanyol untuk mengikuti perjalanan tim Spanyol. Semoga tim Spanyol tetap rendah hati dan terus berkembang menjadi lebih baik.

Untuk tim Italia semoga tetap bersemangat dan bisa lebih baik di liga berikutnya. Pencapaian menjadi Runner Up tidak lah buruk. Masih banyak pertandingan di depan yang menanti. Untuk para fansnya mungkin harus ikut belajar bahasa itali. Mungkin dengan bertambahnya fans Italia bisa lebih bersemangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s